Khutbah Sholat Gerhana

GERHANA MATAHARI PERINGATAN ALLAH SWT
(Kembali Mendekatkan Diri Pada Allah)


Oleh: Drs. Hidayat Rahman M.Si
(Anggota MPW PKS Banten)

الحمد لله الذي خلق الشمس ضياء والقمر نورا أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا عبده ورسوله أما بعد ، فيا عباد الله اتق الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون  قال تعالى في كتابه الكريم :(أعوذ بالله السميع العليم : وأية لهم الليل نسلح منه النهار فإا هم مظلمون والشمس تجري لمستقر لها ذلك تقدير العزيز العليم ، والقمرقدرناه منازل حتي عادك العرجون القديم  لا الشمس ينبغي لها أن تدرك القمر ولا الليل سابق النهار وكل في فلك يسبحون (40) يس
Maasyiral muslimin Jamaah Khusuf Rahimakumullah

Pada hari ini bahkan sejak semalam, kaum muslimin jelang gerhana matahari, serentak memunajat kepada Allah rabbul Alamin, dengan memperbanyak Dzikir berdo’a dan beristighfar seraya memohon ampunan kepada Allah dengan adanya berita besar gerhana matahari. Semoga kita termasuk kelompok al mudzakkiriina,  alad’iyauhuwal mustaghfiriin  yang mengaminkan dzikir, do’a dan istighfarnya para hamba-hamba Allah as-shalihin. Aamiin.

Hadirin, Allah Swt yang Maha Agung telah menjadikan  matahari bersinar dan bulan bercahaya dan yang demikian itu adalah sebuah kebenaran yang mutlak yang tak diragukan lagi.Sebagai tanda kekuasaan-Nya bagi kaum yang berakal. Allahuakbar lakhaula walakuata illabillahilaliyil Adzim.

Firman Allah.
هو الذي جعل الشمس ضياء والقمر نورا وقدره منازل لتعلموا عدد السنين والحساب ما خلق الله ذلك إلا بالحق يفصل الأبات لقوم يعلمون ( يونس : 5 )
Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak[1] Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.”( Q.S.  Yunus [10] : 5 ). .

Pada ayat lain Allah Swt. berfirman.
وأية لهم الليل نسلح منه النهار فإا هم مظلمون والشمس تجري لمستقر لها ذلك تقدير العزيز العليم ، والقمرقدرناه منازل حتي عادك العرجون القديم  لا الشمس ينبغي لها أن تدرك القمر ولا الليل سابق النهار وكل في فلك يسبحون

37. dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan.

38. dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan yang Maha Perkasa lagi Maha mengetahui.

39. dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah Dia sampai ke manzilah yang terakhir) Kembalilah Dia sebagai bentuk tandan yang tua [1267].

40. tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang, dan masing-masing beredar pada garis edarnya.

Maasyiral muslimin Jamaah Rahimakumullah
Rasul Saw. Bersabda dalam sebuahhadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, bahwa sesungguhnya Nabi Saw. bersabda. 

إن الشمس والقمر آيتان من آيات الله لا يخسفان لموت أحد ولا لحياته فإذا رأيتموها فافزعوا للصلاة }
“ Sessungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Terjadinya gerhana matahari atau bulan itu bukan karena kematian seseorang atau kehidupannya, maka jikalau kamu melihatnya, berdo’alah kepada Allah bertakbirlah , bersedekahlah serta bersholatlah. 

Pada hadits lain Abi Musa meriwayat kan sebagai berikut;

وعن أبى موسى قال : خسفت الشمس فقام النبي ص م فصلي وقال : إذا رأيتم شيئا من ذلك فافزعوا إلي ذكر الله ودعائه واستغفاره

“ Pada suatu ketika terjadi gerhana matahari, maka Nabi berdiri untuk shalat danbersabda. Jikalau kamu melihat gerhana itu,  segeralah berdzikir kepada Allah, berdo’a serta memohon ampunan-Nya.”

Pada kesempatan ini khutbah mengingatkan, agar kita senantiasa merasa takut dengan adanya kejadian alam yang diluar sesuatu yang terbiasa. Sikap yang tepat kondisi sekarang ini adalah  rasa takut akan datangnya akhir zaman sebagaimana yang dirahasiakan Allah  kedatangannya. Bukan sebaliknya berbuat dosa dan kemusyrikan, menjdikan gerhana sebagai tontonan bukan sebagaituntunan, bahkan ada yang menterjemahkan peristiwa gerhana matahari dengan sesuatu yang menentang kekuasaan Allah yang Maha Agung. Audzubillahimindzalik, Ketika terjadi gerhana padamasa Rasulullah beliau mengingatkan bisa jadi gerhana inimerupakan petanda datangnya azab Allah Swt atau tanda semakin dekatnya hari kiamat. 

Nabi Saw. Bersabda.
وعن أبى موسى الاشعري في صفة صلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم قال " فأتى المسجد فصلي بأطول قيام وركوع وسجود رأيته يفعله في صلاته " رواه البخاري ومسلم

Abu Musa Al Asy’aryradhiyallahu’anhu telah berkata. ”Pernah terjadi gerhana matahari pada masa Rasulullah Saw. Nabi lantas berdiri takut karena khawatir akan terjadi hari kiamat , sehingga beliau pun mendatangi masjid kemudian beliau mengerjakan shalat dengan berdiri, ruku’ dan sujud yang lama. Aku belum pernah melakukan shalat sedemikian rupa”. Nabi Saw lantas bersabda “sesungguhnya  ini adalah tanda-tanda kekuasaan Allah yang ditunjukan-Nya. Gerhana tersebut tidaklah terjadi karena kematian,  atau hidupnya seseorang. Akan tetapi Allah menjadikan demikian agar  hamba-hamba-Nya takut, jika kalian melihat sebagaian dari gerhana tersebut maka bersegeralah untukberdzikir, berdo’a dan memohonampun kepada Allah. (HR. Muslim ) [2]

An-Nawawi Rahimakumullah menjelaskan mengenai maksud  mengapaRasulullah Saw merasa takut, khawatir terjadi kiamat, bahwa, gerhana tersebut merupakan tanda yang muncul sebelum tanda-tanda kiamat yang lain, seperti terbitnya matahari dari barat, atau keluarnya Dajjal atau mungkin gerhana tersebut merupakan sebagian tanda kiamat. (Syarah Muslim) [3]

Hadirin kaum muslimin, amal yang tepat saat ini yang harus di lakukan adalah:

pertama, mari kita jadikan peristiwa gerhana matahari pada hari ini sebagai tadzkirah/peringatan Allah atas kita, agar kita tidak terlalu jauh dari ajaran  agama Allah Swt, bahkan kita harus bertekad komitmen untuk tetap dalam agama Allah Swt. hingga ajal menjemput kita. Allahuakbar walilah ilhamd.

Allah Swt. berfirman dan memanggil kita dengan panggilan kasih sayang agar kita tetap konsisten menjalankan ajaran Islam hingga ajal menjemput kita.

يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون ( ال عمران ،
‘’ Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah sebenar-benarnya taqwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam “
(Q.S. AL Imran [3]  : 102)
Kedua Bersegera mohon ampunan kepada Allah.Sebagaimana tuntunan-Nya:
وسارعوا إلي مغفرة من ربكم وجنات عرضها السموات والأرض إعدت للمتقين 
‘”  dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,”
(Q.S. Al Imran : 133)
Dr. Muhammad Hasan Al Hamsi dalam tafsirnya mengungkapkan bahwa maksud bersegera kepada ampunanTuhan pada ayat tersebut di atas, adalah ilaasbabil maghfiroh minat taubat wato’at “ artinya bersegera memohon ampunan Allah melalui taubat dan taat.

Maasyiral muslimin Rahimakumullah
Di penghunjung khutbah ini, marilah kita berdo’a kepada Allah, agar dosa dan kesalahan kita di ampuni serta dijauhkan dari marabahaya di dunia dan selamat kelak di akhirat.

Ya Allah, di hari fitri ini,  kami mohon kepadamu agar  iman yang ada di dada kami adalahiman yang tangguh dan kekal. Jangan goyahkan keimanan kami setelah Engkau kukuhkan, karena jika iman kami ini goyah, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi.

Ya Allah ya Robbana kami memohon kepada-Mu, sesungguhnya engkau Tuhan Maha pengampun- ampuni dosa dan kesalahan kami.

Allahummaya Allah tolonglah kami, sesungguhnya Engkau adalah sebaik-baik pemberi pertolongan.

Ya Rabb,  berikan kemenangan dunia dan akhirat pada kami, sesungguhnya Engkau adalah sebaik-baik pemberi kemenangan.

Allahuma ya Allah  ampunilah kami sesungguhnya Engkau sebaik-baik pengampun dan rahmatilah kami karena sesungguhnya Engkau sebaik-baik pemberi rahmat dan anugerahkan rizki kepada kami karena sesungguhnya Engkau Maha pemberi rezeki. Dan tunjukilah kami kejalan yang benar, dan masukan kami kedalam surga-Mu bersama orang-orang yang shalih. Amin.

اللهم إنا نسألك إنك غفارا فأرسل السماء علينا مدرارا  اللهم إنا نعوذ بك من الذنوب التي تمنع غيث السماء ، ونعوذ بك من ذنوب التي تذل الأعز وتدل الأعداء اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات إنك سميع قريب مجيب الدعوات وقاضي الحاجات .
اللهم اغفر لنا فإنك خير الغافرين اللهم انصرنا فإنك خير الناصرين وارحمنا فإنك خير الراحمين وارزقنا وأنت خير الرازقين .

Robbana atina fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah wakina adzabannar Wadkhilnal Jannaka Maal Abror Ya aziz ya ghoffar ya Robbal Alamin.Walhamdulillahirobbalalamin.
Wassalamu’alaikumWarohmatullahiwabarokaatuh
Pandeglang, 8 Maret 16



الخطبة الثانية
الحمد لله الذي وحده نحمده ونستعينه ونستغفره ونتوب إليه ونعوذ بالله من شرور أنفسنا وسيئات أعمالنا من يهد الله فهو المهتد ومن يضلله فلن تجد له وليا مرشدا.
أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا عبده ورسوله اللهم صل علي سيدنا محمد وعلي أله و أصحابه ومن تبعه إلي يوم الدين أما بعد
فيا عباد الله أوصيكم وإيي بتقو الله فقد فاز المتقون قال تعالي في كتابه الكريم أعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم : الشمس والقمر بحسبان والنجم والشجر يسجدان فبأي آلاء ربكما تكذبان .
اللهم إنا نسألك إنك غفارا فأرسل السماء علينا مدرارا  اللهم إنا نعوذ بك من الذنوب التي تمنع غيث السماء ، ونعوذ بك من ذنوب التي تذل الأعز وتدل الأعداء اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات إنك سميع قريب مجيب الدعوات وقاضي الحاجات .
اللهم اغفر لنا فإنك خير الغافرين اللهم انصرنا فإنك خير الناصرين وارحمنا فإنك خير الراحمين وارزقنا وأنت خير الرازقين .



[1]Maksudnya: Allah menjadikansemua yang disebutkanitubukanlahdenganpercuma, melainkandenganpenuhhikmah.

[2]SayyidSabiq “ FiqhSunnah “ / Al IbaadatJilid  2  1409 H. 1988 M. Hal. 182
[3]Rumaisyo.com
أحدث أقدم